Alasan kenapa bajak laut suka pakai penutup mata

Dari dulu saya selalu bertanya-
tanya, kenapa Bajak laut identik
dengan yang namanya penutup
mata, Hampir semua film bajak
laut yang pernah saya lihat, sang
bajak lautnya pasti
menggunakan penutup mata.
Dulu saya pernah beranggapan
bahwa bajak laut memakai
penutup mata karena sebelah
matanya ditusuk oleh lawanya,
tapi setelah dewasa, anggapan
itu saya buang jauh-jauh,
kenapa? masak iya, Semua bajak
laut ditusuk sebelah matanya
oleh musuhnya.

Dan baru-baru ini, saya
menemukan jawaban dari
pertanyaan sulit tersebut.
Jawaban ini saya dapat dari
majalah Bobo. Alasanya sangat
simpel namun logis dan bisa
dicerna dengan mudah menurut
ilmu pengetahuan.
Lalu apa lasanya bajak laut
menggunakan penutup mata ?
Alasanya adalah karena
pengaruh cahaya. Lho? Benar,
kok bisa?. tentu saja bisa, pada
jaman dahulu, kapal bajak laut
belum dilengkapi dengan sistem
cahaya seperti sekarang,
sehingga kapal-kapal bajak laut
tersebut tidak memiliki lampu.

Hasilnya bagian geladak kapal
dalam sangat gelap. Namun
sebaliknya, geladak kapal bagian
atas justru sangat terang, hal ini
karena pantulan sinar matahari
langsung mengenai bagian
geladak atas.

Lalu apa hubunganya dengan
penutup mata ? Para Bajak laut
menggunakan penutup mata
agar matanya bisa langsung
beradaptasi dengan keadaan
tersebut. Bayangkan saja, setelah
melihat cahaya yang terang
(geladak atas), tiba-tiba mata
harus langsung melihat ruangan
gelap gulita yang minim cahaya
(geladak bawah). Maka dari itu
para bajak laut memerlukan
penutup mata agar bisa cepat
beradaptasi dengan keadaan
tersebut.

Komentar