17 tips cara menghemat bbm.

berikut ini adalah 17 Cara sederhana untuk menghemat pemakaian bahan bakar minyak yg kita pakai.

1.cek tekanan ban:
sepele,tapi besar manfaatnya dlm menekan konsumsi bensin. karena klo tekanan angin kurang, sesuai riset,dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%. jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.

2.cek kondisi roda contoh dr kelurusan putaran, kelancaran putaran roda dan lainnya. serta
bila putaran roda berat atau tak presisi, jelas akan
memperlambat laju motor. pemicunya pelek tidak
center(speleng), bearing roda aus, atau kurang pelumasan dan sebagainya.

3.atur jarak main rem.

sebab, bila rem sampai
menempel, tentu akan bikin lari motor jadi berat. sehingga pemakaian bensin tidak sesuai
sama jarak tempuh motor. makanya, atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakang minimal 1/3 dr jarak main tuas secara
keseluruhan. "jangan telalu rapat, krn dikhawatirkan kampas rem jd menempel".

4.pelumas.
daya lumas oli yg baik, mampu
membuat putaran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. ini akan menciptakan power mesin lebih optimal. sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. ingat
pengantian oli yg rutin dan tak melebihi batas servis yg di anjurkan (tiap 2.000-2.500KM), akan
membuat performa mesin selalu segar dan putaranya lancar.

5.setel klep.
celah klep terlalu longgar atau rapat
bisa bikin tenaga mesin turun. pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat. efek nya, BBM banyak terpakai, untuk itu, kerenggangan komponen ini kudu
disetel tepat. sesuai spesifikasi motor masing".

6.setel kopling.
ini juga berpengaruh terhadap
konsumsi BBM.setelanya jngn sampai terlalu sensitif. maksudnya, saat tuas kopling ditekan, gigitan kampas kopling jd cepat ngelos. hal
ini bikin kopling mudah selip saat gas di pelintir. lari motor pun jd tertahan, tp putaran mesin
meninggi. selain itu, pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik. bila sudah tipis/
aus segeralah ganti.

7.busi.
umur kerja busi,efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. lebih dr itu, performa busi mulai menurun. hasil pembakaran di ruang bakar
juga ngedrop. alhasil pemakaian BBM menjadi boros. sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna. tenaga mesin pun loyo. oh ya, bila umur
busi masih efektif, rajin2 lah dibersihkan saat servis
rutin. sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan
busi. selain itu, atur pula kerenggangan elektroda
busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.

8.filter karburator.
dr data hasil riset pada honda
vario keluaran mei 2007(jarak tempuh 14.000Km) komponent ini sudah cukup tebal di tumpuki debu. padahal filter jenis viscous element
yg di anutnya tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan. sebab akan merusak filter dan
melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. bila tampak kotor kudu diganti baru. tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci. nah, saat
sebelum filter karbu di ganti, konsumsi BBM vario itu dalam pemakaian normal hanya 34-35km/
liter.namun setelah di ganti baru, konsumsi BBM tembus 38km/liter. tarikan motor pun jauh lebih enteng dibanding sebelum ganti filter.

9.servis/setel karburator.
di anjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. sehingga selalu didapap efek pengabutan bahan bakar yg sempurna. selain itu, setelan ketinggian pelampung, sekrup udara atau pilot air screw jg sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin. bila dilakukan tepat, dapat
memperbaiki power mesin hingga 0,5dk,dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.

10.menaikan kompresi.
ini langkah meningkatkan
torsi mesin di putaran bawah. jd saat berakselerasi awal, rider tidak perlu buka gas terlalu dalam,bensin
pun irit. tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus papas head. melainkan cukup
mengurangi ketebalan paking atau mengganti pistone berdome tinggi.

11.upgrade sistem pendinginan. stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur
pacu. makanya, akali dengan memasang oil cooler. untuk motor penganut sistem pendingin cair
kayak honda vario, CBR 150, kawasaki ninja dan lainnya, bila ingin sihu radiator dan mesin tetap
terjaga ideal saat motor terjebak macet, bisa menambahkan kipas pendingin.

12.upgrade mesin.
ditujukan buat motor berjam
terbang tinggi, sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yg aus. misal ring piston
lemah,clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya. cukup mengembalikan kepresisian
komponen" itu jadi normal lagi.maka selain tenaga
mesin meningkat, pemakaian BBM juga lebih irit.

13.pakai fuel saver. tak haram lo,jika mau aplikasi part" pengirit bensin kayak: -power FX -femax -
ring bensin -dan sebagai na. sebab berdasarkan
hasil riset,part" itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.

14.upgrade pengapian.
sudah disinggung, busi berperan penting bagi tenaga mesin. nah,ada
beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya.contoh adopsi peranti pengapian
berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing. langkan ini sudah di buktikan
mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.

15.cdi racing.
mengingkatkan power mesin
sekaligus ngirit bensin,lewat mengatur ulang timing
pengapian.umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya.paling gampang,ganti otak pengapian
dengan CDI tipe racing. dr hasil test,penerapan langkah ini terbukti mengefisiensikan pemakaian
BBM hingga 15% lt.

16.ringan kan beban motor.
motor yg berat, bikin lari ikut berat.pengendara jadi sering memilintir gas dalam" saat mau berakselerasi cepat. jd sebaiknya
hindari pemakaian aksesoris berlebihan yg dapat membuat bobot motor bertambah.gunakan variasi
yg berbobot enteng/ringan.misal pelek alumunium,swing arm dan sebagainya.

17.cara berkendara. kesemua cara ngiritin BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara
yg benar!!.kalo anda masuk suka kebut"an,sering memblayer gas saat motor berhenti,sering main selip kopling dan lain"nya.sebaiknya,jalankan motor
dengan kalem,mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pd kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas, dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit

Komentar